Effendy Asmawi Alhajj

Jumat, 23 Maret 2012

KADOSPUNDI BMPS?


KADOSPUNDI  BMPS ?
(Catatan  Lawatan ke  BMPS Yogya)









BMPS
PROVINSI KEPULAUAN RIAU




Effendy Asmawi Alhajj


KADOSPUNDI  BMPS
(catatan lawatan ke Yogya)
Oleh : Effendy Asmawi Alhajj


Desain sampul   : EA’s Computer
Lay out         : Mutiara Offset Batam

Hal cipta dilindungi undang-undang
All right reserved

@ 2009

e-mail : encikeffendy@yahoo.com


Cetakan I, Oktober 2009







Diterbitkan oleh :
BMPS PROVINSI KEPULAUAN RIAU
PO.Box  1002/BTAMN-Batam Island 29444
Telp/Fax : 0778-  451547
Mobile phone : 081270030911













al-ihda







Buat
Keluarga Besar
BMPS






Renungan






Resep kita

Setiap hari minumlah
PIL CINTA (pembunuh rasa BENCI)
PIL SAHABAT (penawar rasa PERMUSUHAN)
PIL BERKAH (penolak rasa MISKIN)






MOTTO


SUKSES

S opan santun dan religius

U let

K ompetitif

S iap kerja

E tos kerja tinggi

S portif



GREETING

Alhamdulillah, Kadospundi BMPS ? (bahasa Jawa) ”apa kabar”? Sebuah catatan perjalanan dalam kunjungan BMPS Provinsi Kepri ke BMPS Yogya.

Studi Komparansi ini bertujuan menambah wawasan, sekaligus  membangun silaturrahmi dalam memajukan BMPS, khususnya di Provinsi Kepulauan Riau ini, hingga  sejajar dengan BMPS lainnya yang sudah maju.

BMPS, sebagai wadah berhimpunnya para pengelola pendidikan swasta yang penuh dengan perjuangan, profesional, indipenden dan demokratis dalam memajukan usaha pendidikan sebagai partisipasi aktif publik dalam pengembangan pendidikan anak wathan.

Kadospundi  BMPS ? adalah tulisan yang amat sederhana (merupakan catatan penulis  dalam mengikuti lawatan kerja ke BMPS Yogya), mudah-mudahan  dapat memberikan motivasi kepada  kita untuk selalu mengabdikan diri sebagai pengurus BMPS yang berwibawa, mandiri dan  berkualitas  serta admired.



Semoga bermanfaat, amin.

Batam,
Oktober  2009

Penulis,


Effendy Asmawi Alhajj





Tahniah



Ucapan terima kasih & penghargaan kepada :
Bapak Ir. H. Emtizar Karyan
(Ketua BMPS Provinsi Kepri)

Bapak Yulius Baka, S.T, M.A
(Sekretaris BMPS Prov.Kepri)

Bapak H. Zamhuri Muchtar, B.A
Bapak Tris Budi, S.Pd
Bapak Drs. H. Khaeruddin Said, M.M

bersama-sama, seia-sekata
dalam melakukan kunjungan/lawatan
ke BMPS Yogya
sebagai
study comparative
dalam memajukan BMPS
di masa yang akan datang










Meningkatkan kualitas
Pendidikan, khususnya
Perguruan Swasta
 yang terpercaya,
 mandiri dan
admired







Yogyakarta,
04 – 07 Oktober 2009







Daftar Isi
                 halaman

Al-ihda                   3

Renungan                  4

Motto                     5

Greeting                  6

Tahniah                     8

             
1.    Selamat Datang di Yogya   11                   
2.   Kunjungan ke BMPS DIY 15                   
3.   Photo Kegiatan            23

4.   Senarai Rujukan           32



















1.
SELAMAT DATANG
DI YOGYAKARTA




1.          Selamat Datang di Yogyakarta

Setelah pesawat Batavia air mendarat dengan selamat di lapangan air port Adi Sucipto Yogyakarta, tiada kata yang pantas terucap kecuali ”alhamdulillah” rasa syukur kepada Allah swt.

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berpenduduk 3,2 juta jiwa dan mempunyai luas wilayah 3.142 km2 (0,17 % luas wilayah Indonesia).
Dan Yogyakarta adalah ibukota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terletak pada  7 – 8 derajat LS dan 110 – 111 derajat BT.

Maka kesampaianlah niat kami untuk berkunjung ke Yogya khususnya melihat dinamika Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) DIY sekaligus melihat kota pelajar ini mengelola bagaimana dinamika dan problematikanya perguruan swasta dalam menghadapi tuntutan dan tantangan pendidikan kini.

Dan kami menginap di Grage Jogja Hotel Jl.Sosrowijayan (Malioboro) Yogyakarta.


Suasana akrab dan kekeluargaan dalam kunjungan kali ini cukup kental, karena hari sudah sore dan kami tentu belum makan malam maka sibuklah mencari tempat makan, karena  kami masih capek maka makan memilih tempat yang dekat dengan hotel saja yakni lesehan makan sekitar Malioboro saja dengan menu bermacam-macam, mulai ikan, ayam hingga burung dara dan sudah tentu menu utama gudeg (makanan khas Yogya), sungguh lahap makannya karena cukup lapar.

Kemudian kami menyewa kendaraan roda empat dan sopirnya adalah dari kami sendiri yakni Mr. Tris Budi yang memang orang Yogya.

Malam ini kami tidak ada kegiatan,kecuali hanya jalan-jalan ringan sekitar Malioboro dan tempat ini sebenarnya adalah nama jalan yang letaknya di tengah-tengah kota Yogyakarta. Tempat pertokoan dan kaki lima, di sini banyak dijual barang-barang kerajinan tangan yang bagus sebagai cindramata ditambah lagi pada malam hari tempat gemerlapan dengan berbagai warna-warni lampu jalanan menambah semaraknya tempat ini.
Yogya memang kota yang cukup dinamis dan memiliki banyak objek wisata antara lain ;
Pantai Parangtritis- Candi-candi, mulai Prambanan, Sewu dll, juga Kraton Ngayogyakarta, Monumen Yogya Kembali, Pemandian Taman Sari, Kaliurang, Kasongan, Benteng Vredeburg, Musium Affandi dan Kebun Binatang Gembiraloka dll.

Inilah Yogya sebagai kota yang berpredikat Kota Budaya, Kota Pendidikan, Kota Gudeg, Kota Sepeda dan Kota Perjuangan dan berbagai atribut sebutan lainnya.




2.
Kunjungan
Ke BMPS Yogya


2.          Kunjungan ke BMPS Yogya

Pagi-pagi setelah sarapan pagi sekitar  pukul 09.00 WIB kami menuju ke BMPS Provinsi Yogyakarta dengan driver Mr. Tris Budi wong Yogya.
Kantor BMPS ini terletak di Perguruan Islam Republik Indonesia (PIRI) Yogayakarta.

Kami disambut Ketua BMPS DIY Bapak Ki Buntarsono, beliau ini cukup sepuh tapi semangatnya luar biasa demikian juga pengurus BMPS lainnya, luar biasa beliau dan kawan-kawan memberikan sambutan hangat terhadap kedatangan kami.

Acara formal dibuka sekretaris BMPS dilanjutkan dengan perkenalan dan ucapan selamat datang di Yogyakarta.

BMPS Yogyakarta terdiri dari  satu kota dan empat kabupaten, berbagai pikiran dan pandangan konstruktif  tentang entitas BMPS terhadap beberapa kebijakan Pemerintah, demikian juga dinamika dan problematikanya fluktuatif berpadu dalam semangat mencerdaskan anak bangsa.

Demikian juga sambutan berbalas dari Ketua BMPS Provinsi Kepri oleh bapak Ir. H. Emtizar Karyan, ucapan terima kasih kemudian mengutarakan niat maksud kunjungan serta informatif mengenai BMPS Provinsi Kepri.

Dilanjutkan dengan ”sharing idea” serta wacana lainnya dialog antara satu dengan yang lain, cukup hangat dan banyak ide-ide cemerlang, mulai pemikiran tentang Pengelolaan BMPS baik internal maupun eksternal.

Juga ide tentang PSB, sekolah gratis, guru dpk, SSN dan SBI serta nasib perguruan swasta di masa yang akan datang.

Acara ditutup dengan penyerahan kenangan dari BMPS Provinsi Kepri ke BMPS Provinsi DIY
Kemudian dilanjutkan dengan photo bersama.


Dari sini kami di arahkan melihat  sekolah yang berada di bawah naungan BMPS.


  1. Perguruan Islam Republik Indonesia
(P I R I )

Yayasan ini didirikan mulai tahun 1947, mulai TK hingga SLTP dan pada tahun 1967 berdiri sekolah SMA dan SMK, hingga kini SMK Piri berkembang pesat dan bahkan memiliki alat yang lengkap dan sudah bekerja sama dengan Yamaha untuk bengkel praktiknya.

Sekolah ini cukup maju dan luar biasa peminatnya, khususnya SMK-nya, hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan dan Kepala Sekolahnya.
Kami dibawa keliling melihat-lihat bengkel dan berbagai labor serta multi media lainnya.

Piri ini cukup bergengsi  dilihat dari segi kuantitas jumlah muridnya demikian juga kualitasnya dan sekolah di bawah perguruan ini sudah SSN.


  1. Perguruan Taman Siswa

Setelah mengunjungi BMPS DIY dan Perguruan PIRI kami melanjutkan lawatan ke Perguruan Taman Siswa, sebuah perguruan yang cukup prestisius dan termashur karena didirikan oleh Tokoh Nasional Ki Hajar Dewantara.
Sosok beliau sudah tidak asing lagi, khususnya dalam dunia pendidikan Nasional dan bahkan motto beliau ”tut wuri handayani” dijadikan sebagai simbol dan semangat Departemen Pendidikan Nasional kita.


Sekilas tentang tokoh ini, seluruh kekuatan dan kekayaan beliau dihibahkan untuk kemajuan pendidikan ”taman siswa” dan beliau amat sederhana dalam kehidupan sehariannya.

Sangat khas di Perguruan Taman Siswa ini, sebab pengelola dan pendidik di sini yang laki disebut Ki sedangkan yang perempuan disebut Nyi.
Sedangkan sistem pendidikannya ”nasionalism” dan merdeka serta terbuka bagi semua orang dan golongan.

Sebelum pertemuan formal, kami menyaksikan anak-anak SD latihan ekskul ”tari” cukup lincah dan baik sekali.


Inilah sekilas ”Perguruan Taman Siswa” yang tokoh sentralnya Ki Hajar Dewantara berusaha maksimal membangun manusia Indonesia ”merdeka”.

  1. Perguruan Muhammadiyah

Setelah kunjungan di Perguruan Taman Siswa, kami dijemput untuk shalat Dzuhur dan makan siang di Perguruan Muhammadiyah Yogya.
Serta melihat persentase Muhammadiyah 2 Yogya dalam pengelolaan dan dinamika kegiatan Muha.

Dilanjutkan dengan dialog interaktif dan sharing idea dalam pengelolaan pendidikan, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perguruan Muhammadiyah di Yogya ini berkembang pesat, bukan saja dalam bidang pendidikan tapi juga bidang lainnya sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang cukup tangguh.

Acara  terakhir penyerahan kenangan sebagai bina ukhuwah /silaturrahmi yang semoga terpatri, amin.
  1. Yayasan Santo Dominikus
(SD & SMP Joannes Bosco)

Kunjungan kami ke SD Joannes Bosco ini masih dipandu oleh Pengurus BMPS DIY, acara formal ucapan selamat Datang dari Kepala SD Joannes Bosco, sekolah ini di bawah naungan Yayasan Katholik dan cukup maju dengan standard gaji yang cukup lumayan.

Acara terakhir setelah mencicipi snack di sekolah ini, BMPS Provinsi Kepri memberikan kenangan dan mereka sangat familiar menyambut kedatangan kami.


  1. SMA BOPKRI

Kunjungan terakhir kami di Yogya  ialah mengunjungi SMA BOPKRI / di bawah naungan Yayasan Kristen Yogya, terletak di Jl. Jendral Sudirman  87 Yogyakarta.

SMA BOPKRI ini adalah sekolah yang berstatus RSM (Rintisan Sekolah Mandiri) dan cukup maju dengan sistem pengajaran sudah multimedia dan sistem PSB sudah menggunakan on line.
Setiap kunjungan kami selalu di dampingi oleh pengurus BMPS DIY, sekaligus beliau secara bergantian  memperkenalkan sekolah yang kami kunjungi juga memperkenalkan kami sekaligus memberikan gambaran dan dinamika pengelolaan sekolah yang kami kunjungi.

Setelah Kepala SMA BOPKRI memperkenalkan entitas sekolahnya, kami juga dibawa melihat sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah ini.

Terakhir kami diberi kenangan sebuah CD yang berisi tentang QMR oleh wakil Kepala Sekolah Ibu Dra. Dorothea Sri Ismayawati yang cukup energik dan kooperatif.


Dan setelah kunjungan di sekolah ini, maka berakhirlah kunjungan/lawatan kami di BMPS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

GOOD BYE  AND SAYONARA BMPS YOGYA dan terima kasih atas ketulusan dan penerimaan khas kepada kami BMPS Provinsi Kepri. Semoga bertemu pada HUT BMPS ke-38 yang dipusatkan di Kota Batam insya Allah.


 

3.
 Photo Kegiatan
KUNJUNGAN






Photo Kegiatan
BMPS Provinsi Kepri
Pada Lawatan ke BMPS Yogya


Ir. H. Emtizar Karyan (Ketua BMPS Kepri)
bersama H.Zamhuri Muchtar, BA
pada lawatan ke BMPS Yogya
berpose di depan
kamar Hotel
Grage
Yogya









Sekjen BMPS Kepri Yulius Baka, ST.,MA
bersama penulis berpose di depan
kamar Hotel Grage
Y o g y a












Suasana Pertemuan Dengan Pengurus
BMPS Yogya tampak Ketua
BMPS Yogya & Ketua
BMPS Kepri
Pada
Acara silaturrahmi
Banyak hal yang dibincangkan
Dalam mengangkat martabat perguruan
Swasta, mandiri dan admired.







Akhir Pertemuan dengan Pengurus BMPS
Provinsi DIY & Kepri memberikan
Cindramata / plakat Kenangan Semoga
 Terjalin Hubungan/ukhuwah yang mesra


Photo bersma Pengurus BMPS DIY
dan BMPS Kepri


Penyerahan Plakat Kenangan
di PIRI DIY diserahkan oleh Sekretaris BMPS Kepri (Yulius Baka, ST,MA) dengan Kepala SMK Piri DIY

Penulis berpose dengan Ketua BMPS DIY


Penyerahan Plakat Kenangan di Perguruan Taman Siswa oleh Ketua Emtizar Karyan kepada Pengurus Perguruan Taman Siswa


Pertemuan di Perguruan Muhammadiyah DIY

Penyerahan Plakat Kenangan di Muha DIY




Penyerahan Plakat Kenangan di SD Joannes Bosco DIY

Berphoto bersama dengan Pengelola SMA BOPKRI DIY

Suasana pertemuan di SMA SRM BOPKRI DIY






4.
SENARAI RUJUKAN







Senarai Rujukan



1. Peta Wisata Saku JOGJA
PT. Karya Pembina SwaJaya 2008

2. Jogja Punya Cerita
Pena Sehati
Penerbit  Azka Press – 2007

3. Menuju Manusia Merdeka
Ki Hajar Dewantara
Penerbit Leutika – 2009

4. Buku Kenangan / Yayasan Santo Dominikus Cabang DIY
Joannes Bosco School - 2009-

5. Kota Yogyakarta Tempo Doeloe
Abdurrachman Surjomihardjo
Komunitas Bambu – 2009








KADOSPUNDI BMPS ?
Catatan perjalanan/lawatan
BMPS Provinsi Kepri
ke BMPS DIY
memberikan secercah
pengalaman
sekaligus perbendaharaan
dalam membangun BMPS yang kuat
dan bermartabat, terus berproses
berubah menuju
perbaikan
BMPS
dimasa yang  akan
diharapkan sebuah wadah
berkumpulnya perguruan swasta
yang kompetitif, mandiri dan admired


Effendy Asmawi Alhajj
HP. 081270030911


                                           
BMPS PROV.KEPRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guest Book